Zat gizi pada tubuh

Zat Gizi Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Zat Gizi Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh


Zat gizi di artikan sebagai sesuatu yang mempengaruhi proses perubahan semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia. Semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia kemudian sangat bermanfaat untuk bertahan hidup. Tapi sejatinya gizi ini memiliki arti yang lebih luas. gizi tidak hanya terkait dengan jenis makanan serta manfaatnya untuk tubuh. gizi juga membahas tentang beberapa cara untuk dapat menerima serta mengolah zat gizi diperlukan tubuh tetap sehat.

Gizi merupakan keseimbangan antara zat gizi yang masuk ke dalam tubuh dari makanan dengan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk keperluan transportasi. Karena zat gizi adalah zat yang ada dalam makanan dan dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses pengaliran, pencernaan dalam makanan, transportasi oleh darah, pertumbuhan pemeliharaan jaringan tubuh, proses biologis, pemulihan dan kekebalan tubuh.

Substansi kimia yang diperlukan zat gizi yang dibutuhkan manusia. zat gizi akan di cerna, diserap, dan digunakan untuk mendukung Peningkatan faal tubuh. Beberapa zat gizi dibuat oleh tubuh sendiri atau disebut zat gizi esensial yang harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari karena tubuh tidak dapat mensistesis senidi. Jika zat gizi yang di kategorikan esensial ini tidak terpenuhi, makan bisa menyebabkan pertumbuhan, sakit atau gangguan fungsi tubuh.

Zat gizi sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk penghasil tenaga yang diperlukan proses tumbuh kembang pada anak, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, zat pembangun dan mengatur semua fungsi tubuh yang dapat dijalankan dengan baik, berbagai penyakit dapat digunakan di hindari manusia, jika zat gizi yang dapat memulai kecukupan nya. zat gizi dapat di bagi menjadi zat organik dan anorganik

Zat Gizi Organik, terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin sedangkan zat gizi terdiri dari mineral dan udara, selain itu zat gizi dapat dikelompokan sebagai sumbernya melalui pengaktifan dan sesuai dengan yang dihasilkannya:

  1. Zat gizi berdasarkan sumbernya, terbagi menjadi dua yaitu:
  2. Nabati, yaitu sumber zat gizi yang berasal dari tumbuh-tumbuh
  3. Hewani, yaitu sumber zat gizi yang berasal dari hewani.
  4. Baca lebih lanjut tentang fungsinya bagi tubuh yaitu:
  5. Sumber tenaga bagi tubuh, antara bantalan lain, lemak dan protein
  6. Pembangunan dan penjagaan tubuh, protein lain, lemak, mineral, dan vitamin,
  7. Pengatur proses kerja di dalam tubuh, protein mineral antara lain, vitamin dan udara
  8. Zat gizi berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dibagi menjadi dua bagian yang dibutuhkan:
  9. Zat gizi makro, adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar dengan ukuran satuan gram, seperti lemak, lemak dan protein.
  10. Zat Gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil atau sedikit dengan satuan milligram, diperlukan mineral dan vitamin.

Berikut adalah 5 nutrisi penting untuk tubuh kita, jadi kita perlu lebih memperhatikan:

1. Protein

Protein, bersama dengan karbohidrat dan lemak, adalah nutrisi yang bagus. Protein adalah bagian penting dari sel kita dan diperlukan untuk sintesis, fungsi dan regulasi jaringan dan organ kita.

Sebagai contoh, antibodi kita terbuat dari protein dan melindungi kita dari pengganggu seperti virus dan bakteri. Protein juga merupakan bagian dari enzim, otot, jaringan ikat, dan hormon. Pastikan Anda mendapatkan protein yang cukup dengan mengonsumsi berbagai makanan seperti yogurt Yunani biasa, telur, ikan, daging sapi, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan.

2. Lemak sehat

Kita membutuhkan lemak dalam makanan kita! Lemak dibutuhkan untuk membangun membran sel kita, melindungi saraf kita, dan menyediakan lebih banyak energi dari karbohidrat. Selain itu, lemak membantu kita menyerap vitamin A, D, E, dan K. yang larut dalam lemak

Ada berbagai macam lemak yang tersedia dan lemak yang Anda pilih penting untuk dikonsumsi. Fokus pada lemak jenuh (daging sapi herbal organik, produk susu organik seperti mentega dan keju, dan minyak kelapa), lemak tak jenuh tunggal (minyak zaitun, alpukat, zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian) dan omega-3 (ikan dan minyak ikan). Minyak biji rami, kenari, edamame). Hindari atau kurangi asupan lemak tak jenuh dan minyak nabati olahan yang kaya akan asam lemak omega-6 (kedelai dan minyak jagung).

3. Serat

Serat telah terbukti meningkatkan kesehatan, fungsi jantung, dan gula darah. Meskipun direkomendasikan bahwa orang dewasa yang sehat membutuhkan 21 hingga 38 gram serat per hari, survei menunjukkan bahwa rata-rata asupan harian dari Kanada adalah sekitar 14 gram per hari. Serat tidak larut penting untuk meningkatkan pengaturan usus dan metabolisme, sementara serat larut membantu menjaga kolesterol darah dan kadar gula darah sudah dalam kisaran normal.

Untuk menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda, tingkatkan jumlah sayuran dan buah-buahan, tambahkan kacang-kacangan atau lentil ke dalam sup dan salad, gunakan biji-bijian utuh (quinoa, beras merah, gandum) daripada biji-bijian olahan, dan tambahkan biji chia atau gandum Tambahkan biji rami, kocok dan yogurt .

4. Vitamin D.

Semua vitamin dan mineral adalah nutrisi penting bagi tubuh, dan banyak dari mereka dapat diperoleh melalui diet seimbang. Vitamin D adalah nutrisi yang penting bagi banyak sistem tubuh, menurut penelitian.

Nutrisi ini berperan dalam mempertahankan tulang yang kuat, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendukung sistem saraf, jantung dan pembuluh darah. Vitamin D juga telah terbukti mendukung suasana hati dan kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan dan menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa kita membutuhkan lebih banyak vitamin D daripada yang diperkirakan sebelumnya. Bicaralah dengan dokter Anda tentang tingkat vitamin D yang telah Anda uji untuk menentukan jumlah nutrisi penting yang Anda butuhkan.

5. Air

Diberi makan air! Karena jumlah air yang dibutuhkan tubuh melebihi apa yang sebenarnya dapat dihasilkannya, air adalah nutrisi penting.

Air dibutuhkan untuk mengatur suhu tubuh, pencernaan dan pembuangan limbah. Ini juga bertindak sebagai pelumas dan memungkinkan pengangkutan nutrisi dalam tubuh. Lihatlah urin Anda untuk melihat apakah Anda memiliki cukup air. Urin yang gelap biasanya tampak dehidrasi, sedangkan urin murni biasanya tampak basah. Biasanya Anda minum setengah dari berat badan Anda (ons) dalam satu ons untuk mendapatkan jumlah air yang tepat yang dibutuhkan tubuh Anda untuk bekerja secara optimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *